Perhubungan / TransportasiUmum

Wakapolri Gatot Eddy Pramono Meninjau dan Memeriksa Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran Tahun 2022

Rakyatbicara.id- Cikarang Utara (Bekasi), Kantor Berita RBN – Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Posko Pengamanan pada Operasi Ketupat Jaya 2022 yang bertempat di Pos Terpadu KM 29 Gerbang Tol Cikarang Utama Kab. Bekasi. Kedatangan Wakapolri ke Pos Terpadu KM 29 hari ini, Rabu (27/4) bertujuan untuk melihat kesiapan Polda Metro Jaya dalam melakukan kegiatan pengamanan Lebaran tahun 2022.

Pada kegiatan peninjauan ini Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono bersama Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo, Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Yusri Yunus, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setyawan dan Wakapolres Metro Bekasi AKBP Deddy Supriyadi.

Wakapolri mengatakan sebelumnya Wakapolda dan Dirlantas telah menjelaskan persiapan pengamanan yang terkait dengan arus mudik dan arus balik, malam takbiran, saat Hari Raya Idul Fitri, lalu lintas, tempat – tempat keramaian dan antisipasi dalam mencegah kriminalitas. Dia mengatakan kepada jajarannya sudah mempersiapkan langkah demi langkah untuk mengantisipasi kemacetan pada saat arus mudik Lebaran nanti. 

Langkah – langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yaitu memberlakukan one way (satu arah), contra flow sepenggal sampai ganjil genap yang akan dilaksanakan mulai besok (28/4). Gatot menambahkan pada jam 00.00 WIB nanti kendaraan – kendaraan berat dengan tiga sumbu sudah tidak boleh melintasi di jalan tol kecuali kendaraan yang membawa sembako dan bahan bakar minyak.

“Kita lihat tadi paparan dari Pak Dirlantas untuk hari ini saja sudah terjadi peningkatan jumlah volume kendaraan hampir 89 persen yang dibandingkan dengan hari kemarin. Ini tentunya meningkat terus dan tentu kita harus menyiapkan pengamanan yang optimal”, kata Wakapolri Gatot Eddy Pramono.

Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menghimbau kepada para pemudik baik yang beroda dua atau beroda empat untuk diperhatikan kondisi kendaraannya masing – masing. Dia juga menghimbau pada pengendara roda dua untuk dapat menaiki kendaraan umum supaya lebih aman dan nyaman.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memperkirakan ada 14 juta orang dari Jabodetabek yang akan melakukan mudik sesuai dengan survei ada 4,2 juta orang yang akan naik kendaraan pribadi dan 2,8 juta yang akan naik sepeda motor.

Setelah ada pemberitahuan dan himbauan dari Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono dilanjutkan dengan peninjauan dan pemantauan arus mudik lebaran via CCTV di Gedung Command Center – Kantor Patroli Jalan Raya Korlantas Polri KM 29 Tol Jakarta Cikampek.(Yandri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button