
Rakyatbicara.id-Jakarta Pusat, Kantor Berita RBN – Kementerian BUMN bersama PT Pertamina, PT Telkom Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT Biofarma, PT Jasa Marga dan PT PP menggelar acara Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo dan Conference 2024 yang bertempat di Sarinah, Jakarta Pusat. Acara ini berlangsung selama 4 hari yaitu 11-14 Juli 2024.

Adapun nilai transaksi yang ditargetkan oleh Kementerian BUMN selama acara PaDi UMKM Hybrid Expo dan Conference tahun ini menembus 20 miliar Rupiah.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM pada Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting berharap, nilai transaksi pada tahun ini dapat melampaui target seperti tahun lalu yang mencapai Rp 18,7 miliar.


“Total transaksi pada tahun 2023 lalu itu mencapai Rp 18,7 miliar, itu volumenya. Nah harapannya bisa melewati angka tersebut. Tahun 2022 itu tercapai Rp 15,8 miliar, ternyata tercapai di 2023 dan harapannya nanti 2024 kalau bisa tembus Rp 20 miliar,” ucap Loto Srinaita dalam konferensi pers PaDi UMKM Hybrid Expo dan Conference 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024).

Loto mengatkan bahwa acara PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 tahun ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Pada tahun ini, mengusung konsep pertemuan atau conference antar buyer group BUMN. Dalam kesempatan tersebut, buyer dapat melangsungkan Business to Business (B2B) sekaligus juga business matching dengan pelaku UMKM.
PaDi UMKM Expo 2024 juga menambahkan kegiatan konferensi yang ditujukan untuk meningkatkan wawasan dan kapasitas UMKM binaan BUMN dalam menghadapi pasar global.


Adapun tujuan PaDi UMKM Expo ini adalah mempertemukan BUMN dengan UMKM guna saling berinteraksi dan berkolaborasi dalam rangka mendorong pengembangan UMKM, khususnya pemasaran produk UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian nasional.
“Ini ada masukan dari teman-teman agar komponen pada konferensi ini dapat ditambahkan. Karena mereka ingin juga saling bertemu melalui konferensi topik yang akan ditampilkan. Begitu juga mendapat kesempatan melakukan business matching bertemu dengan para pelaku UMKM. Selama ini PaDi Expo melakukan UMKM yang B2C”, terangnya.


Loto berharap dalam acara Expo ini dapat mendorong produk-produk UMKM menjadi berkualitas dengan harga yang kompetitif dan juga memperkuat hubungan antara pelaku UMKM dengan pemerintah.
“Harapan yang paling besar bisa menghadirkan produk UMKM dengan harga yang kompetitif”, tandasnya.


Diketahui, PaDi UMKM adalah platform digital yang bertujuan untuk mempertemukan grup pembeli atau buyer group yang hampir secara keseluruhan merupakan perusahaan BUMN.
Adapun beberapa binaan nama UMKM yang hadir dalam acara PaDi UMKM Expo 2024 seperti Caly Handycraft, Dewi Sambi (Fashion), Makaroni Kacida, Norika Fish & Seaweed Crackers dari Segara Biru, Emping Melinjo Malundra, Kerupuk Rumput Laut dari Sipulut, Soes Kering Premium dari Nukuma Cantique, Keripik Singkong Cassava Chips dari Vema Snack and Cookies, Stik Keju dari Andfood, Rempeyek Syahna, Strawberry Drink dari Hitam Manis dan lainnya. (Yandri)