Pendidikan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) Sosialisasi UU ITE No.19 Tahun 2016 Kepada SMK Excellent 1 Kota Tangerang

Rakyatbicara.id-Kota Tangerang, Kantor Berita RBN –  Sebagai wujud bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum TA 2022/2023 Universitas  Pamulang adalah dengan melakukan Sosialisasi Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE ) No. 19 Tahun 2016 di SMK Excellent 1 Kelurahan Belendung Kecamatan Benda Kota Tangerang.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber H.M Ali SE, Ketua Yayasan Excellent I dan Hj. Rohma S.Ag.  serta Dosen Pembimbing Wina Bugi Wijaya, SH,MH, serta di ikuti 33 mahasiswa dari 7 kelompok  dan siswa siswi SMK Excellent 1 sebanyak 400 orang.

Dalam sosialisasi mahasiswa UNPAM Fakultas Hukum tersebut, membeberkan bahaya tentang penggunaan media sosial yang melewati batas, seperti di Instagram, Facebook atau sebagainya. Dan itu sangat penting dilakukan penyuluhan, apalagi kepada kaum muda, agar generasi muda atau pelajar yang notabene masih dibawah umur tidak terjerat hukum  UU ITE, seperti cyber bullying hoax dan segala macam penyalahgunaan.

Pelanggaran  di dalam kebebasan berpendapat di media sosial tentunya mendapat sanksi pidana sehingga diharapkan Bijak dalam menggunakan media sosial. Namun bagi anak yang masih di bawah umur  18 tahun,  maka sistem peradilan yang digunakan adalah sistem peradilan Pidana anak.

“Namun sistem peradilan yang umurnya sudah di atas 18 tahun ketika melanggar UU ITE itu sanksinya sudah jelas di atur dalam Undang Undang pencemaran nama baik,” dalam pemaparan mahasiswa Fakultas Hukum ini.

Selanjutnya, untuk korban media sosial akan merasakan efek psikologis, seperti “depresi” sebagai akibat yang sangat berbahaya.

Selain itu, dampak yang lebih buruk bagi pengguna media sosial yang tanpa batas itu adalah dapat menimbulkan “stress” dan lebih parahnya lagi, akan mengakibatkan “bunuh diri”. Itulah dampak buruk dari pelanggaran kebebasan penggunaan media sosial.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus dapat dipahami oleh pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut agar kedepannya generasi penerus tidak salah jalan” ujar Ketua Yayasan Hj.Rohma S.Ag dan sangat mengapresiasi dan bangga ketika SMK Excellent 1 dipilih untuk kegiatan PKM dari Universitas Pamulang.

Selanjutnya acara sosialisasi  diakhiri dengan makan bersama dan pemberian plakat untuk mempererat tali silaturahmi antara pelajar dan mahasiswa serta dewan guru. (Sahat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button