Umum

Mahasiswa Gelar Aksi Unjuk Rasa  ” Tolak Kenaikan Harga BBM ” di Bekasi Kota

Rakyatbicara.id – Bekasi Kota, Kantor Berita RBN – Sejumlah elemen mahasiswa dari berbagai organisasi se – Kota Bekasi menggelar aksi unjuk rasa dengan protes penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang belum lama diresmikan pemerintah pusat, aksi demo dilakukan di  yoga lokasi yakni Gedung DPRD Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi serta di dekat Tol Bekasi Barat pada Selasa (6/9/2022).

Para Demonstran dari ratusan mahasiswa itu sendiri mengawali aksi protesnya di gerbang depan Gedung DPRD Kota Bekasi. Beberapa orator dari masing – masing organisasi menyampaikan aspirasi tentang penolakan pada kenaikan harga BBM sekaligus menunggu kedatangan Ketua DPRD Kota Bekasi.

Belum lama penyampaian aspirasi dari beberapa orator, sejumlah mahasiswa sempat saling dorong kepada aparat kepolisian dan TNI yang sudah berjaga di gerbang depan gedung wakil rakyat tersebut. Dikarenakan Ketua DPRD tidak kunjung tiba, para demonstran mulai melanjutkan aksi berikutnya di depan gedung Pemerintah Kota Bekasi.

Sejumlah aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP berjaga dan membentuk barisan di depan dan belakang pagar gedung Pemkot Bekasi. Ketika orator menyampaikan aspirasi, para demonstran menuntut untuk masuk ke dalam gedung untuk menemui Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto. Aksi saling mendorong terjadi beberapa kali oleh para mahasiswa dan berhasil ditertibkan kepolisian.

Selanjutnya, para demonstran melanjutkan aksi terakhirnya di dekat Gerbang Tol Bekasi Barat. Pantauan awak media RBN, Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto baru terlihat hadir untuk bertemu dengan para demonstran dan naik ke atas mobil komando unjuk rasa untuk menyampaikan sikap Pemkot Bekasi terhadap aspirasi penolakan pada kenaikan harga BBM.

“Apa yang menjadi aspirasi adik – adik mahasiswa tentunya saya sudah menangkap apa yang menjadi harapan dan keinginan, mari kita sama – sama sampaikan ke Pemerintah Pusat”, kata Tri Adhianto saat menyampaikan keterangannya di hadapan para demonstran.

Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto sempat menolak dan didesak massa untuk membacakan isi dari tuntutan massa soal penolakan harga BBM. Tri juga diminta para demonstran untuk menandatangani surat yang berisi aspirasi penolakan tersebut. Dia juga mengapresiasi usaha dari para demonstran beraksi unjuk rasa soal penolakan kenaikan harga BBM.

Koordinator lapangan aksi unjuk rasa sempat membacakan isi dari pakta integritas (tuntutan pada penolakan harga BBM) di lokasi yaitu penolakan kenaikan harga BBM, mencabut kebijakan harga BBM, meminta pemerintah untuk cabut tarif dasar listrik dan mendesak Pemerintah untuk memberantas mafia dari sektor minyak dan gas dari hulu ke hilir.

Tri Adhianto tetap akan membuat kop surat khusus dari Pemkot, selanjutnya akan dikirimkan ke Pemerintah Pusat. Beberapa saat kemudian, Tri akhirnya dapat menandatangani pakta integritas yang berisi aspirasi penolakan kenaikan harga BBM.

Setelah aksi unjuk rasa berlangsung dan penandatangan pakta integritas oleh Tri Adhianto, pada pukul 18.00 WIB para demonstran resmi meninggalkan lokasi. Situasi di lokasi tersebut berlangsung aman, tertib dan kondusif.(Yandri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button