Lingkungan HidupUmum

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kasad TNI Dudung Resmikan Lahan Pertanian Terpadu Korem 051/Wijayakarta

Rakyatbicara.id-Cibitung(Bekasi), Kantor Berita RBN – Kepala Staf Angkatan Darat(KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Rahma Abdurachman selaku Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana menghadiri acara Panen Raya melalui panen jagung dan padi sekaligus meresmikan Lahan Pertanian Terpadu milik Korem 051/Wijayakarta.

Adapun peninjauan lahan pertanian bersama Kasad Jenderal TNI Dudung, Ketum Persit Kartika Chandra Rahma, Kapolres Metro Bekasi Gidion Arif Setyawan, jajaran TNI AD, Pejabat Pemda Kabupaten Bekasi serta masyarakat kelompok tani, diawali dengan memanen padi dan jagung pada lahan yang sudah ditentukan, Rabu(17/10/2022).

Usai memanen padi dan jagung, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, perluasan lahan pertanian pada acara Panen Raya memiliki kurang lebih 43 hektar sebagai wujud nyata TNI AD dalam mendukung program ketahanan pangan dan membantu pemerintah daerah menjamin ketersediaan pangan Nasional sesuai instruksi dari Presiden Jokowi.

“Pada awal-awal menjabat sebagai kepala staff angkatan darat, maka kami canangkan antisipasi rawan pangan maka seluruh jajaran TNI AD melakukan langkah – langkah yang benar – benar signifikan yang berpengaruh kepada masyarakat artinya pasca Covid -19 berpengaruh pada masalah perekonomian”, kata Kasad Jenderal TNI Dudung ketika memberikan keterangan kepada awak media.

Kasad Jenderal TNI Dudung menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi pada rawan pangan tersebut, ia memerintahkan kepada jajaran TNI AD untuk bekerjasama dengan Pemda untuk memanfaatkan lahan – lahan kosong menjadi lahan produktif yang ada di Food Estate Korem 051/ Wijayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Selain lahan padi dan jagung, Kasad Jenderal TNI Dudung serta jajaran lainnya juga meninjau lahan pertanian anggur, lahan budidaya lele dan ikan nila dengan menabur benih pada penampung air.

Kasad Jenderal TNI Dudung dan Ketum Persit Kartika Chandra Rahma juga meninjau posko stunting, pengobatan massal dan beberapa stand UMKM se – Kabupaten Bekasi seperti makanan ketoprak, nasi kuning, bakmi ayam jamur, minuman bir pletok, rumah bonsai,  craft tas batik , ecoprint  juga Ketum Persit Kartika Chandra Rahma belajar nyanting batik di stand khusus batik.

“Langkah – langkah strategis yang dilakukan TNI AD sesuai perintah harian saya yang ke -5 bahwa TNI Angkatan Darat harus mengikuti kegiatan – kegiatan yang melayani masyarakat, menjadi pemimpin dan hari ke -6 harus berdampak kepada masyarakat yaitu mengelola lahan kosong dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah”, ujar Kasad Jendral TNI Dudung.

Dudung sudah mencanangkan bahwa para TNI AD diwajibkan masuk dapur warga atau dapur rakyat termasuk Babinsa yang selalu melayani masyarakat. Dia berpesan, TNI AD harus tingkatkan solidaritas TNI dan Polri, bahu – membahu bersama Kepolisian dengan mengeroyok masyarakat untuk kesejahteraan.

Usai sambutan, Kasad Jendral TNI Dudung bersama Rahma selaku Ketum Perkit Chandra Kirana memberikan bantuan dengan penyerahan berupa Hand Tractor dan 1000 Paket Sembako untuk para masyarakat yang juga kelompok tani, acara ditutup dengan meresmikan Lahan Pertanian Terpadu serta menandatangani prasasti. (Yandri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button