Pemilu 2024

Pj Walikota Bekasi pimpin Apel Gabungan Pemilu 2024 Persiapan Penertiban APK dan Masa Tenang

Rakyatbicara.id – Kota Bekasi – Kantor Bicara RBN – Hitungan beberapa hari lagi Mendekati Pemilu 2024, Pemerintah Kota Bekasi bersama Forkopimda menggelar Apel Gabungan Pemilu 2024 Persiapan Penertiban APK dan Masa Tenang yang dilaksanakan di Lapangan Plaza Pemkot Bekasi, Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan – Kota Bekasi, Rabu (7/2/2024).

Pj Walikota Bekasi Raden Gani Muhamad memimpin kegiatan apel gabungan dan pelepasan personil penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS) peserta pemilu 2024, yang digelar oleh Bawaslu Kota Bekasi dan dihadiri Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani, S.I.K, M.P.M, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, B.S, M.MDS, Perwakilan Kajari Kota Bekasi, Ketua KPU Kota Bekasi, dan Ketua Bawaslu Kota Bekasi.

Kegiatan Apel Gabungan ini diikuti Kapolsek Jajaran Polres Metro Bekasi Kota, Danramil Jajaran Kodim 0507/Bekas, Satpol PP, Dishub, Damkar, Camat dan Lurah se-Kota Bekasi.

Penertiban tersebut dilakukan oleh Bawaslu beserta jajaran karena masih banyaknya ditemukan APK dan APS yang dipasang oleh peserta pemilu 2024 yang menyalahi aturan dan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Dalam kesempatan ini Pj Wali kota Bekasi Raden Gani Muhamad meminta kepada personil atau tim yang terlibat dalam penertiban APK dan APS tersebut untuk bekerja sesuai dengan aturan dan perintah dari Bawaslu, dan hal tersebut sangat ditekankan pada OPD terkait yang bekerja di lingkungan pemerintahan Kota Bekasi seperti Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Untuk jajaran Pemkot yang ikut dalam tim penertiban APK dan APS ini jangan bertindak diluar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu dan jajaran, tetapi lakukanlah penertiban tersebut sesuai dengan arahan dan perintah yang diberikan oleh Bawaslu dan jajaran agar tidak terjadi kesalahpahaman dan permasalahan dikemudian hari,” terangnya.

R. Gani berpesan kepada jajaran Pemkot yang ikut dalam Tim Penertiban untuk bersikap netral dan objektif dalam melakukan penurunan APK dan APS tersebut, jangan sampai karena ada unsur sakit hati, atau rasa tidak senang kepada partai dan caleg peserta pemilu.

Selain itu R. Gani juga berpesan, Jangan sampai ada kecurigaan dari berbagai pihak yang mengatakan salah satu petugas dr TPS itu tidak fer, ini kita hindari makanya pahami karena sudah diberikan sosialisasi bimbingan teknis dari KPU dan kalau nanti sebelum hari H ada yang belum paham supaya ditanyakan agar saat bekerja dilapangan tidak diragukan lagi.

“Biasanya ada saja peristiwa yang seolah olah mengetes, menguji kemampuan teknis dari bapak ibu sekalian. Tolong itu menjadi acuan,” ujarnya.

Selanjutnya R. Gani menyampaikan bagaimana agar partisipasi pemilih yang tinggi, maka harus kita himbau kepada masyarakat melalui RT dan RW untuk berbondong-bondong datang ke TPS, jadikan pemilu itu sesuatu yang menyenangkan dan sebuah pesta yg tanpa paksaan tanpa ada rasa tekanan dan tidak ada konflik bahkan yang mengarah pada kekerasan.

“Apapun situasi dan kondisinya penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan dan Misalkan terjadi banjir pada tanggal 14 Februari nanti dari Kecamatan dan Kelurahan sudah menyampaikan data titik-titik rawan banjir dan antisipasi pengalihan TPS nya ini mohon disosialisasikan ke masyarakat disini karena daerah rawan banjir agar melakukan persiapan-persiapan supaya masih ada waktu untuk datang ke TPS hal terburuk rekan-rekan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) juga siap untuk mendukung di daerah rawan banjir, ini menjadi komitmen kita supaya pelaksanaan pemilu di tanggal 14 Februari 2024 nanti dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Disamping itu, usai mengikuti kegiatan Apel Gabungan Pemilu 2024 Persiapan Penertiban APK dan Masa Tenang Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani didampingi Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, B.S, M.MDS menyampaikan kehadirannya pada kegiatan tersebut.

“Kapolres Metro Bekasi Kota dengan Dandim 0507/Bekasi ikut hadir dalam kegiatan Apel kesiapan Penertiban APK nanti dimasa tenang. Diinisiasi dari pihak Bawaslu, Kami dari Polres Metro Kota dan Kodim 0507/Bekasi, akan membantu pihak Bawaslu, Pihak Satpol PP dan Pemkot terkait dengan penertiban APK nanti yang akan dilaksanakan setelah tanggal 10 Februari pada masa tenang kampanye Pemilu 2024” tutup Kapolres. (Bachtiar/Tim RBN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button