Umum

Polda Metro Jaya Sambut Kapolda Baru dengan Tradisi Palang Pintu Ala Betawi

Rakyatbicara.id – Jakarta, Kantor Berita RBN –  Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggunakan tradisi adat Betawi palang pintu untuk menyambut Kapolda baru Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., M.H., dan pelepasan mantan Kapolda Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., pada Senin (3/4/23).

Menurut penjelasan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, palang pintu merupakan tradisi Betawi yang bermakna membuka bagi orang lain yang akan memasuki daerah tertentu dimana suatu daerah mempunyai jawara atau penghalang.

Baca juga : Pertamina Pastikan Stok Aman Jelang Arus Mudik dan Balik Lebaran

Pada acara tersebut, Kapolda Metro Jaya bersama istri Linna Iskandar Karyoto datang ke Polda Metro Jaya melalui Gerbang Jagatama pada pukul 10.00 WIB dan disambut oleh Wakapolda, Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si.

Selain disambut Wakapolda, kedatangan Kapolda juga disambut oleh jajaran Direktorat dan sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dalam acara tereebut, terdapat lima rangkaian acara yakni, penyerahan pataka “Jaya Dharma Sevaka”, laporan kesatuan, serah terima ibu asuh, upacara perpisahan, parade, dan tradisi pelepasan yang digelar pada pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya yang baru tersebut ditunjuk mengisi jabatan Kapolda Metro Jaya menggantikan Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Adapun keputusan tersebut berdasarkan surat telegram Nomor ST/713/III/KEP/2023 tanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen. Pol. Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

Sebagai informasi, Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., M.H., sebelumnya ditugaskan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 14 April 2020. (Arnie/Tim RBN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button