Olahraga dan Sepak Bola

Danau Toba Siap Menggelar F1 Powerboat Lake Toba

Rakyatbicara.id – Danau Toba, Kantor Berita RBN – Terkenal memiliki destinasi wisata alam yang beragam, tidak heran jika Indonesia langganan menjadi tuan rumah sport tourism kelas dunia. Ajang sport tourism berskala internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia dalam waktu dekat adalah F1 Powerboat Lake Toba.

F1 Powerboat merupakan merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1), yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H20. Itu mengapa, ajang balap perahu motor internasional ini juga sering disebut F1H20.

Ajang balap perahu super cepat kelas dunia ini akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara. Dipercaya menjadi tuan rumah sport tourism bergengsi dan berskala internasional, tentu menjadi kesempatan baik bagi Indonesia, khususnya Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP).

Fakta F1 Powerboat Lake Toba

Perdana di Indonesia, F1 Powerboat Lake Toba diikuti belasan pembalap dari beberapa negara di dunia. Di antaranya Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Cina, Portugas, Brazil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar.

Ajang ini akan menjadi daya tarik cukup unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Pasalnya, para wisatawan yang hadir akan menyaksikan langsung penampilan pembalap yang mengendarai kapal dengan kecepatan lebih dari 220 km/jam tersebut.

Ditambah lagi, perlintasan atau sirkuit dari seri F1 Powerboat Lake Toba disebut sebagai lintasan terunik sepanjang gelaran balap ini diselenggarakan di dunia. Pasalnya, lintasan sepanjang 2,2 km ini terbentuk karena geografis Danau Toba sebagai danau vulkanik.

Sebagai event tahunan yang rutin diselenggarakan secara berkala. Ditargetkan ajang F1 Powerboat Lake Toba bisa mendatangkan 25.000 wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ilustrasi: Kesiapaan infrastruktur dan akomodasi di Danau Toba menyambut F1 Powerboat (Foto: Shutterstock/PLOO Galary)

Persiapan F1 Powerboat Lake Toba

Berbagai macam upaya dan persiapan dilakukan agar ajang sport tourism internasional F1 Powerboat Lake Toba dapat berjalan lancar sesuai rencana. Baik dari segi infrastruktur, venue, hingga akomodasi.

“Persiapan pembangunan fisik venue penyelenggaraan F1H20 per tanggal 29 Jan 2023, progres sudah mencapai 87,003%. Sedangkan persiapan lainnya yaitu terkait ketersediaan akomodasi, SDM, penyusunan paket wisata, produk ekraf, dan penyelenggaraan side event,” jelas Jimmy Bernando Panjaitan, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Berupaya untuk memanjakan penonton yang hadir, lokasi ajang sport tourism internasional ini menyediakan tribun dengan kapasitas sekitar 2.100 tempat duduk. Ditambah lagi, ada public viewing di Bukit Pagoda dengan kapasitas hingga 1.500 pengunjung.

Sementara itu, dalam kesiapan infrastruktur dan akomodasi selama perhelatan F1H20, nantinya akan disediakan hotel bintang dan non bintang, villa/bungalow, homestay/sarhunta, rumah penduduk mandiri, dan camping ground) oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf.

Rencananya juga akan disediakan glamping bagi wisatawan. Glamping berbayar disiapkan Injourney bekerja sama dengan Bobobox sebanyak 200 unit, di bukit Tarabunga dan Bukit Pahoda kabupaten Toba.

Selain itu, Desa Wisata Meat, Pakkodian, Singgolom, bekerjasama dengan Pokdarwis Desa Wisata juga akan menjadi lokasi camping untuk wisatawan yang berkunjung meramaikan F1H20.

Fasilitas transportasi pun terus dipersiapkan dengan matang. Termasuk salah satunya koordinasi dengan Bandara Silangit, agar perjalanan transportasi darat untuk menuju lokasi penyelenggaraan F1 Powerboat Lake Toba berjalan lancar.

Pemerintah juga menyediakan transportasi atau shuttle bus untuk seluruh wisatawan selama F1H20 berlangsung. Selain Kementerian Perhubungan yang akan menyediakan 30 bis, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Toba juga akan menyediakan transportasi sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu juga akan difungsikan sebagai media center, trauma center, area perkantoran bagi panitian F1H20, dan hospitality suite bagi tamu-tamu VVIP yang hadir dalam ajang F1 Powerboat Lake Toba.

Stakeholder yang Terlibat

Sementara itu, PT PLN (Persero) akan menyiagakan pasokan listrik berlapis, guna menyukseskan F1 Powerboat Lake Toba. Selain mempersiapkan suplai infrastruktur ketenagalistrikan, nantinya PLN juga akan melakukan beberapa stimulasi pengaman kelistrikan di lokasi venue.

Dalam mendukung kelancaran event internasional ini, banyak stakeholder yang terlibat dalam F1H20 di Danau Toba. Mulai dari Panitia Pusat (seluruh Kementerian/Lembaga terkait, Bank Indonesia, BUMN/Perbankan), Panitia Pelaksana Daerah, PHRI, HPI, sekolah, dan komunitas UMKM.

Berkesempatan menjadi tuan rumah ajang balap internasional tentu menjadi awal yang sangat baik bagi Indonesia. Karena dapat meningkatkan citra dan daya tarik Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas di dunia internasional.

Melihat lebih jauh, dipilih menjadi tuan rumah F1 Powerboat Lake Toba juga diharapkan dapat membangkitkan sektor ekonomi kreatif masyarakat sekitar Danau Toba. Terutama bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di delapan kabupaten di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara pasca pandemi.

“Diharapkan, event F1H20 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Danau Toba 7,3%. Sementara dari sisi dampak ekonomi diperkirakan sebesar Rp212 Miliyar dari terselenggaranya F1 Powerboat di Danau Toba,” tutup Jimmy. (Arnie/Tim RBN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button