Umum

10 Jam Lebih , Anies Baswedan Masih Diperiksa KPK Terkait Formula E

Rakyatbicara.id – Jakarta, Kantor Berita RBN – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih dimintai keterangan oleh KPK terkait dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E Jakarta. Terhitung hingga kini sudah 10 jam Anies diperiksa.

Anies diketahui tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022), pukul 09.26 WIB. Sampai pukul 19.42 WIB ini, Anies belum juga selesai dimintai keterangan.

Diketahui, saat tiba di KPK, Anies membawa tas jinjing hitam saat naik ke lantai 2 Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, Anies juga terlihat membawa dokumen. Anies kemudian ditemani pegawai KPK masuk ke lantai 2.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan alasan memeriksa Gubernur DKI Anies Baswedans sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Menurut dia, KPK ingin dugaan kasus ini menjadi terang. Menurut dia, pemeriksaan terhadap seseorang itu termasuk Anies sama seperti pemeriksaan saksi lainnya. Dengan begitu, ia mengatakan tidak ada hal yang luar biasa dalam pemeriksaan terhadap Anies.

“Nggak ada yang beda. Nggak ada yang luar biasa. Untuk diketahui saja, tahun 2022 mulai Januari kemarin, KPK telah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang,” kata Firli di Gedung DPR pada Rabu, 7 September 2022.

Namun, dia mengatakan saat ini penyidik belum mengarah kepada dugaan korupsi menyangkut Formula E yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Juni 2022. Akan tetapi, ia menekankan penyidik ingin membuat terang suatu peristiwa ini yang sempat dilaporkan ke KPK. “Bukan (sudah ada yang mengarah ke dugaan korupsi). Kita kan ingin membuat terang suatu peristiwa, apakah peristiwa itu pidana atau bukan. Itulah dibutuhkan keterangan seseorang karena pengalamannya, pengetahuannya, yang dilihatnya atau yang dialami oleh dia,” jelas dia. Maka itu, Firli mengatakan KPK tentu bukan cuma memanggil Anies saja dalam kasus ini. Kata dia, penyidik KPK akan memanggil siapa saja yang memang betul-betul mengetahui dan mengalami peristiwa Formula E tersebut. (Arnie/Tim RBN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button