Umum

Pemkab Bekasi Dukung Jababeka Bangun KEK Pendidikan dan Teknologi

Rakyatbicara.id – Cikarang Pusat, Kantor Berita RBN – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mendukung langkah kawasan Industri Jababeka membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pendidikan dan teknologi. KEK dapat membangun nilai tambah bagi peningkatan kualitas pendidikan dan penguasaan teknologi.

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Bekasi membutuhkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pembangunan KEK pendidikan dan teknologi di kawasan industri Jababeka itu.

“Dari pemerintah Kabupaten Bekasi sudah memberikan rekomendasi untuk langkah selajutnya dari program pembentukan KEK pendidikan dan teknologi. Dan juga butuh rekomendasi dari pemerintah provinsi Jabar,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan setelah menggelar rapat koordinasi bersama Jababeka mengenai pembentukan KEK di Ball Room Golf Jababeka pada Jumat (27/01).

Pada rapat koordinasi KEK, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jabar juga memberikan pemaparan mengenai pembangunan KEK pada kawasan industri. Bahkan Bappeda serta DMPTSP Provinsi Jawa Barat juga turut memberikan pemaparan mengenai pembangunan KEK tersebut.

“Ya, tadi sudah dipaparkan oleh mereka semua dengan detail, seperti apa konsepnya? bagaimana kelengkapannya? serta apa saja yang perlu ditekankan, agar usulan KEK ini bisa segera terbit Kepresnya,” jelas Dani Ramdan.

Dani mengakui jika KEK diterapkan pada sector parwisata dan industry agar mampu menciptakan akselerasi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan. Namun penerapan KEK pendidikan dan teknologi di kawasan industry sangat penting untuk menuju 4.0.

“Karena industrinya di Kabupaten Bekasi sudah berkembang, untuk menuju 4.0 tentu saja kawasan industri  harus mempunyai riset dan SDM yang memadai maka dibutuhkan KEK teknologi,” katanya.

Pemkab Bekasi juga telah megakui jika Jababeka telah membangun konsep kawasan pendidikan dengan dibangunnya sekolah sampai Universitas Presiden dikawasan itu.

“Nah itu nanti akan di mecingkan dengan program KEK pendidikan serta akan mendatangkan insvetor seperti adanya lembaga pendidikan asing,” tambahnya.

Perwakilan Jababeka Onky Martha menjelaskan jika dari Jababeka Group telah mengusulkan penerapan KEK pendidikan dan teknologi  yang harus didukung dengan SDM yang berkualitas.

“Karena Kabupaten Bekasi ini sudah bersinergi khususnya di Cikarang dengan kawasan industri, sehingga kami sudah membangun kawasan industri ini 30 tahun dan kurang lebih 2000 tenant dari 32 negara ada di sini, nantinya Cikarang bukan lagi kawasan industri padat karya, tetapi kawasan pada teknologi,” tandasnya. (Arnie/Tim RBN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button