Umum

Perkuat Kecintaan Generasi Muda, Acara Festival Budaya BATAK 2022 Digelar Perkumpulan Batak Muslim

Rakyatbicara.id-Jakarta Barat, Kantor Berita RBN – Perkumpulan Batak Muslim menggelar acara Festival Budaya Batak tahun 2022 yang pertama kalinya dilaksanakan di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat. Pelaksanaan acaranya digelar pada 3-4 Desember 2022.

Acara Festival Budaya Batak dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Batak terutama di wilayah Jabodetabek dan warga yang tinggal di sekitar Jakarta.

Sejumlah masyarakat Batak menghadiri acara Festival Budaya itu dan mempertunjukkan kesenian adat Batak seperti tarian Tortor yakni dari etnis Simalungun, Mandaling Natal, Toba, Siantar, Karo serta Angkola. SMP Negeri 115 Jakarta juga dilibatkan untuk bernyanyi sebuah lagu Batak yang berjudul Sigulempong.

“Festival ini menampilkan tarian – tarian, nyanyian – nyanyian, adat budaya Batak dan kuliner khas Batak”, kata Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Batak Muslim Muhammad Husni Fajar Marpaung saat diwawancarai awak media, Sabtu (3/12/2022).

Husni Fajar Marpaung menyampaikan tujuan pada acara Festival Budaya Batak adalah untuk memperkuat kecintaan generasi muda khususnya generasi muda Batak kepada budaya itu sendiri.

Fajar berharap pada Festival itu dapat dijadikan sebuah acara rutin tahunan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta (Dinas Kebudayaan) yang telah mendukung acara Festival Budaya Batak sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Jadi saya harap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan rasa kecintaan pada budaya Batak itu sendiri. Generasi muda dan penerus diharapkan bisa mencintai dan mengingat budaya mereka sendiri”, pungkasnya.

Sementara itu, Panitia Acara Festival Budaya Batak 2022 Rimu Siregar yang juga mendampingi Arifin Siregar selaku Ketua mengatakan bahwa suku Batak itu mempunyai potensi yang sangat luar biasa dalam hal budaya dan harus selalu dikembangkan yang tidak hanya acara Festival Budaya saat ini.

“Jadi ini potensi yang sangat luar biasa untuk suku – suku lain, mari terus kembangkan dengan kreasi – kreasi yang baru dan spektakuler nantinya dari budaya Batak itu sendiri sehingga bisa lebih memancing lagi dari suku lain untuk mengeluarkan potensinya”, tutupnya.

Peresmian acara Festival Budaya Batak pada hari pertama ditandai dengan penabuhan gondang oleh Arifin Siregar selaku Ketua Panitia dan perwakilan dari Sumatera Utara.

Pada kesempatan acara tersebut juga diadakan Fashion Show dalam kehadiran busana kain tenun Ulos khas suku Batak yang sudah dirancang oleh Desainer Hetty Sinaga. (Yandri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button