Umum

Perayaan Cap Go Meh Dimeriahkan Dengan Kirab Budaya di Kota Bekasi

Rakyatbicara.id-Kota Bekasi, Kantor Berita RBN – Perayaan Cap Go Meh dalam suasana penutupan  Tahun Baru Imlek 2574/2023, dimeriahkan dengan menggelar kirab budaya yang diadakan di sekitar Kelenteng Hok Lay Kiong, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi, Ronny Hermawan mengatakan, Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi sudah seperti Pesta Rakyat dan juga sempat terhenti selama 2 tahun ketika dilanda pandemi Covid -19.

“Hari ini kita melaksanakan perayaan Cap Go Meh atau penutupan Tahun Baru Imlek di Kota Bekasi. Antusias masyarakat kali ini begitu besar, jadi kita lihat sudah ada ribuan orang kesini karena sudah seperti pesta rakyat,” ujar Ronny Hermawan saat ditemui awak media pada Minggu (5/2/2023).

Ronny menjelaskan, ritual Gotong Tepekong dalam perayaan Cap Go Meh ini adalah mengusir roh – roh jahat dan pengaruh negatif supaya Kota Bekasi terbebas dari bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan lain – lain.

Ia menambahkan bahwa Perayaan Cap Go Meh tahun ini bukan hanya untuk warga Tionghoa, tetapi juga ada kehadiran dari ribuan warga dan para pejabat yg untuk memeriahkan acara tersebut.

“Hari ini masyarakat yang datang kita ga melihat sukunya apa, golongannya apa, agamanya apa, semua bersatu. Ini perayaan Cap Go Meh Bekasi, bukan perayaan khusus Chinese – Bekasi tetapi perayaan ini untuk kita bersama”, tandasnya.

Perayaan Cap Go Meh diikuti peserta pawai yang mempertunjukkan Reog Ponorogo, tarian Naga, Barongsai, Ondel – Ondel, Paskibraka, atraksi Drum Band dan lainnya.

Diketahui, rute pawai selama acara perayaan Cap Go Meh ini kurang lebih 5 KM yang dimulai dari Klenteng Hok Lay Kiong – Jalan Kenari-Jalan Mayor Oking-Jalan Kartini – Jalan Ir H Juanda – Jalan Agus Salim – Jalan Baru Perjuangan – Jalan Perjuangan.

Setelah itu, para peserta pawai melewati Jalan Mayor Oking dekat Pasar Proyek untuk kembali ke Kelenteng Hok Lay Kiong sebagai garis akhir.

Dalam acara perayaan tersebut juga sempat dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, dan tamu undangan lainnya untuk melepas pawai Cap Go Meh yang diikuti ratusan peserta pada pukul 14.00 WIB.

Pantauan awak media RBN di lokasi, para peserta pawai Cap Go Meh kembali ke Kelenteng Hok Lay Kiong pada pukul 16.45 – 17.53 WIB. (Yandri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button